Internet marketing Ragam Cara Mendapatkan Penghasilan dari Online

Internet marketing dan sumber penghasilannya
Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa internet marketing adalah berjualan secara online menggunakan jaringan internet. Nyatanya pemahaman ini tidak lah salah jika di definisikan kata "Internet marketing" yaitu berjualan secara online menggunakan platform internet sebagai penunjangya. Namun, bila membahas mengenai pemasaran, di dalam bisnis bukan hanya mengenai penjualan tetapi cara promosi, branding dan membangun hubungan baik dengan para/ calon konsumen.

Lalu, apa sih manfaat dari berbisnis online? sudah tentu, pembisnis baik offline maupun online ingin produk usahanya di kenal luas dan dapat menjaring banyak konsumen. Oleh karena itu, "Internet marketing" merupakan trand bisnis untuk saat ini. Mengingat pengguna Internet semakin meningkat membuat banyak pembisnis mulai melirik peluang bisnis dengan sistem online.

Pada artikel ini, penulis akan berikan pemahaman lebih mengenai Internet marketing. Berikut akan penulis sampaikan beberapa bagian/ bentuk internet marketing. Bentuk internet marketing dapat di bagi menjadi 2 bagian, yaitu cara promosi dan sumber penghasilan. Berikut pembahasan mengenai cara promosi dan sumber penghasilan yang di dapat dari internet marketing.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan Sumber penghasilan dalam internet marketing


Dewasa ini, peran gadget sudah menjadi sangat crusial di kehidupan masyarakat. Terlebih mereka yang memiliki gadget dengan mengusung teknologi terbaru seperti tablet, smartphone, laptop dan lainya. Bahkan pembisnis kecil seperti "penjual kompor keliling" dapat menggunakan smartphone untuk menjaring konsumen.

Menjalankan internet marketing untuk memperoleh penghasilan, dapat dilakukan dengan beberapa tipe bisnis. Seperti PPC (Pay Per Click), PPL (Pay Per Lead), PPS (Pay Per Sale). Baik membuka bisnis sendiri maupun membuka jasa pelelangan.

1. PPC (Pay Per Click)

Program yang satu ini (PPC) sangat banyak di lakukan oleh pemain website. Mereka melakukan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan melalui website mereka. Penghasilan dari sistem PPC ini ialah di hitung ketika pengunjung blog mengunjungi blog anda lalu meng-click link iklan tersebut. Jika pengunjung tertarik meng-click link iklan tersebut maka publisher blog tersebut akan menerima bayaran dari pihak penyedia iklan.

Perusahaan besar yang menawarkan jenis pembayaran sponsor dengan sistem PPC ialah di antaranya Google Adsense, Infolinks, Kumpul blogger dan perusahaan iklan lainya.

2. PPS (Pay Per Sale)

Berikutnya ada PPS atau dengan kata lain "Pay Per Sale". Dengan melihat namanya saja kita sudah dapat menyimpulkan sistem pembayaran iklan online jenis ini. Lain halnya dengan program iklan PPC, PPS dapat memberikan penghasilan bagi publishernya dengan cara "kita akan di bayar setiap kali terjadinya pembelian produk yang melalui layanan afiliasi milik kita. Maka dari hal itu, Besarnya penghasilan publisher dapat di lihat dari banyaknya konsumen yang membeli produk yang di iklankan di blog.

Perusahaan apa saja yang menjediakan layanan PPS ini, diantaranya Clickbank.com, Amazon.com dan perusahaan afiliasi lainya.

3. PPL (Pay Per Lead)

Berikutnya ada program Iklan PPL atau dengan kata lain Pay Per Lead. Bedahal nya dengan kedua jenis iklan "Internet marketing" di atas, Sistem dalam program ini ialah publisher akan mendapatkan komisi dari iklan ppl di website. Publisher website akan mendapatkan komisi setiap kali kita berhasil mengirim "leads" pada penjual iklan /Vendor.

Misalkan kita berhasil mengarah kan pengunjung blog untuk mendaftar pada email, atau mengisi formulir dari link iklan yang terdapat pada website kita.

4. Pelelangan barang (Online Auction)

Di platform internet juga menyediakan jasa perusahaan pelelangan barang. Baik barang milik kita maupun barang orang lain yang kita bantu jualkan dapat di jual dengan cara pelelangan. Hal ini memang sangat menguntungkan, karena kita dapat menjual barang kita dan dapat menawarkanya dengan harga tinggi. Perusahan-perusahan terkenal penyedia jasa pelelangan online diantaranya seperti Flippa.com, eBay.com dan perusahan lainya.

5. Menjual produk sendiri maupun menjual produk orang lain

Di era sekarang berbagai barang telah ada di jual melalui platform online baik berupa produk olahan hingga produk digital. Karena itu bisnis offline anda juga dapat anda jual di internet. Misalkan anda memiliki bisnis kerajinan tangan, anda dapat menggunakan platform internet (Internet Marketing) untuk mengenalkan dan menjual produk kerajinan tersebut.

Selain produk sendiri, anda dapat menjual produk orang lain melalui platform internet baik barang berbentuk fisik maupun digital. Terdapat 2 jenis proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain yaitu Reseller dan Dropshipper. Lalu apakah perbedaan keduanya?

Perbedaannya hanya pada cara memperoleh produk nya. Reseller merupakan pelaku usaha yang menjual produk olain lain dengan cara memberi produk tersebut lalu menjualnya kembali dengan menaikan harganya sedikit dari modal membeli barang/ produk tersebut.

Sedangkan Dropshipper merupakan sebutan bagi pelaku usaha/ penjual yang menjual produk orang lain dengan menjadi seorang marketer produk. Artinya anda hanya bertugas melakukan promosi barang atau dengan kata lain membantu orang tersebut menjualkan dan mempromosikan barang/produknya. Setelah anda mendapatkan konsumen, tugas selanjutnya dapat anda serahkan oleh penjual asli dari produk yang anda bantu promosikan. Tentunya anda telah membuat kesepakatan upaj kerja sebelumnya dengan pemilik produk yang and bantu promosikan itu.

Internet marketing dalam promosi online (Online Advertising)

Seperti yang telah di bahas sebelumnya "Promosi Online" merupakan salah satu bentuk dari Internet marketing. Mau bisnis apapun yang anda promosikan, Internet merupakan media yang sangat efektif utntuk membuat website serta membangun brand bisnis lebih terkenal. Dengan di kenal banyak orang, maka traffic penjualanan anda mungkin akan naik dengan sangat significan.

Terdapat banyak sekali cara mempromosikan bisnis melalui Internet. Seperti melalui Melalui periklanan PPC, Email marketing, Social media advertising and marketing, Mobile seluler advertising serta Search engine optimization (SEO).  Berikut akan di uraikan penjelasan/ cara mempromosikan bisnis melalui Internet.

1. Social Media Marketing (SMM)

Social media sekarang ini tidak hanya difungsikan untuk sebagai media penghubung pertemanan, social media dapat menjadi cara untuk mempromosikan bisnis (Social Media Marketing). Social media marketing merupakan salah satu jenis periklanan yang dapat di lakukan dengan gratis. Sekarang ini saja pengguna media social sudah sangat banyak, berbagai kalangan dan lapisan masyarakat memiliki akun media social pribadi seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google plus dan Youtube. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, ini merupakan media promosi bisnis yang sangat efektif mempromosikan dan menjual produk berjenis apa saja.

2. Menggunakan E-mail Marketing (E.M)

Seperti artinya, Email marketing merupakan salah satu proses atau cara untuk memasarkan produk. Lebih tepatnya "E-mail Marketing" yaitu proses memasarkan dan mempromosikan produk/ bisnis melalui media Email (Electronic Mail) sebagai alat bantu. Penggunaan Email sebagai media mempromosikan produk dengan jangan sampai mengganggu orang lain seperti melakukan SPAM di pesan E-mail. Tidak hanya mengganggu orang lain, imbas buruknya juga akan berdampak bagi pengirim E-mailnya. Pemilik Email  kemungkinan akan melakukan unscribe/ tidak berlangganan dengan kita. Bahkan pemilik E-mail yang terganggu dengan pesan SPAM dapat memasukan E-mail kita kedalam kategori daftar SPAMMER.

Terdapat beberapa jenis E-mail Marketing yaitu retention E-mail, direct E-mail dan E-mail Advertising. Jenis marketing /promosi ini dikenal sangat efektif karena cara promosi dapat di lakukan langsung dengan cara mengirim E-mail masuk langsung kepada pelanggan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Cara ini termasuk pemanfaatan halaman pertama mesin pencarian google (Google Search Engine). Bagaimana sistem kerjanya? Website yang tampil di halaman pertama pencarian Google tentu akan banyak menjaring pengunjung. Misalkan seseorang mengetikkan kata "Bisnis Online" di pencarian Google, lalu google menampilkan hasil pencarianya. Nah, hasil pencaharian halaman pertama Google yang kemungkinan besar akan di pilih oleh searcher. Ilustrasi tersebut memberikan gambaran pada kita jika Search Engine Google menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan traffic website/ toko Online karena akan berhasil menjaring banyak pengunjung.

Lalu apa itu SEO? Pasti sudah tidak asing lagi bagi para blogger atau pemain website. SEO merupakan segelintir cara yang di pergunakan untuk meningkatkan keberadaan website di mesin pencarian Google (Google Search Engine). Lalu bagaimana cara membuat website menjadi SEO? baca artikel terkait berikut.

4. Periklanan PPC

Beda hal nya sebagai publisher, dalam hal ini cara Internet marketing ialah dengan mengiklankan produk menggunakan perusahaan publisher iklan di Internet. Seperti para blogger yang mendaftar adsense, iklan produk bisnis Online milik anda juga dapat di promosikan melalui blog lain. Tentunya untuk dapat menampilkan iklan, pemilik iklan harus mendaftarkan iklanya di perusahaan periklanan Internet berbasis PPC (Pay Per Click) seperti di perusahaan besar Adsense, Google Adwords, Amazon.com dan perusahaan Online Advertising lainya.

5. Periklanan melalui mobile seluler (Mobile Advertising)

Mobile Advertising merupakan salah satu cara untuk meng-iklankan produk. Dengan pengguna gadget Smartphone yang begitu banyak, membuat advertising jenis ini dapat di lirik oleh pelaku bisnis. Keempat jenis iklan di atas merupakan jenis Mobile Advertising juga karena periklanan dapat di lakukan dengan Mobile phone seperti E-mail, Pencarian di Google. Nah, dengan memaksimalkan keempat jenis periklanan di atas bearti sudah termasuk memaksimalkan periklanan Mobile.

Selain berbasis Online, Mobile Advertsing juga dapat melaui SMS, MMS dan bahkan aplikasi Smartphone. Sebagai contoh aplikasi "LINE" merupakan salah satu contoh jenis periklanan mobile berbasis Aplikasi. Dengan pengguna "LINE" yang terus meningkat, Aplikasi ini sukses dengan salah satu jenis advertising nya seperti "LINE TO DAY" Menjual stiker online dan hal lainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Strategi dan Bisnis Plan Paling Jitu Untuk Meningkatkan Omset Penjualan